[BASIC GUIDE] Apa itu Softban ?

Bagi kalian yang doyan PVP pasti pernah merasa ada beberapa skill yang sangat kuat dan jika class itu sudah pakai skill itu. Akan sulit bagimu untuk merebut kemenangan. Terutama jika PVP 1vs1. Kenapa class itu bisa punya skill se-enak itu? Kenapa bukan classku saja? Jika tidak ada skill itu pasti ga akan semudah ini dia menang dariku.

Oleh karena itu dalam PVP 1vs1 di game ini terdapat budaya untuk memblacklist beberapa skill yang cenderung membuat pertandingan menjadi tidak imbang. Di SEA dan di Indo peraturan ini sering disebut softban. "soft" karena memang tidak ada sanksi yang nyata bagi pelanggar

Ide dari softban sendiri berasal dari pemain-pemain Dragon Nest China yang menginginkan PVP 1vs1 yang adil dan seru. Sama seperti jika kamu main sebuah game yang dapat memilih difficulty level. Kalau kamu sudah merasa hebat, tentu difficulty normal akan membosankan bagimu. Mungkin difficultynya harus ditingkatkan menjadi hard, atau bahkan nightmare.Softban mirip dengan itu yaitu membatasi skill-skill yang membuat permainan menjadi lebih gampang. Dan yang terpenting, diharapkan kemenangan lebih ditentukan oleh skill dari player, bukan dari class yang dipakai.

Di Cina sudah jadi peraturan tidak tertulis yang tegas jika kamu memakai skill-skill yang di blacklist, kemenanganmu tidak akan diakui dan otomatis dianggap kalah. Di SEA dragon nest yg saya mainkan peraturan softban baru muncul begitu level cap 32 dibuka. Di saat itu banyak pemain yang merasakan sendiri ada beberapa class yang imba. Oleh karena itu banyak yang menyukai PVP 1vs1 softban rules. Peraturan ini sering dipakai di room-room PVP 1vs1 dan event-event unofficial yang diselenggarakan player

Karena memang tidak tertulis. Terdapat banyak versi soal skill-skill mana yang diblacklist. Ada skill yang beberapa player yang tidak keberatan lawan pakai itu sementara yang lain keberatan. Ada juga yang memang blacklist sejati seperti iron skin-nya merc.

Softban cuma berlaku di room PVP 1vs1. Group PVP dan ladder silakan gunakan semua skill yang kamu punya sepuasnya

Berikut daftar blacklistnya. Tanda [?] untuk skill yang beberapa player tidak keberatan kamu memakainya. Nama-nama skill aku pakai nama DN SEA

Semua Ultimate Skill masuk blacklist

Warrior
  • Highlander
Swordmaster
  • Parrying Stance
  • Hacking Stance [?] (tapi menurutku skill ini sama sekali tidak masalah)
Mercenary
  • Iron Skin (menurutku ini skill paling imba di pvp. 9 detik kamu ga bisa flinch? Dan super armor yg tidak bisa hancur?)
  • Howl Charging / Empowering Howl (sama seperti di atas, walau super armornya masih bisa hancur)
  • Devastating Howl [?] (Tapi yah skill ini sendiri susah kenanya, jadi ada beberapa yang tidak keberatan)
  • Battle Howl [?] (ada beberapa yang keberatan, termasuk saya karena serangannya merc yang sedari awal sudah besar menjadi lebih besar lagi, peningkatannya lumayan besar)
Bow Master/Hunter
  • Tracking Arrow/Guided Missile [?] Kecuali jika melawan engineer (Super imba, serangan yang sangat sulit untuk dihindari kalau bukan mustahil dan T4 membuatnya menjadi sangat sakit dan cooldown hanya 16 detik)
 Acrobat
  • Spirit Boost
  • Show Time (Jika sudah menjadi Windwalker)
 Force User
  • Beyond Time / Time acceleration
 Cleric
  • Heal
  • Block [?] (Khusus untuk paladin. Priest masih dapat memakai skill ini. Karena manuvernya Paladin lebih lincah daripada priest yang merupakan class paling kaku dan lamban di game ini)
 Paladin
  • Stance Of Faith [?] (Memang hanya Noob yang nyerang paladin yang lagi SOF. Tapi SOF bisa dipakai untuk menunggu cooldown skill sembari persiapan serangan mendadak karena musuh cenderung lengah mengira si paladin cuma akan diem saja)
  • Divine Vengeance [?] (ada beberapa yang memperbolehkan pemakaian skill ini)
  • Iron Will
 Priest
  • Healing Relic (T4 membuat skill ini menyembuhkan hpmu dari sekarat langsung menjadi penuh dalam sekejap)

5 komentar:

  1. thx , cukup gampang di pahami (y)

    BalasHapus
  2. gan bisa update sb buat cap 70 gak?
    thx b4

    BalasHapus
  3. bagai mana dengan Lunar Knight ??? Moon Blade Dance Di SB ?? :o
    sedangkan di setiap Clas yang Saya ketahui hanya Skill lvl 50 yang di SB di Job ke 3 ... sedangkan di hob ke 2 hanya Iron / Parry . BH .PH / Semacam Buff :) ... saya Tunggu jawaban nya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. LK buat sb > no buff/breaking point,no cyclone, no halfmoon slash,no parry crescent boleh dipake...

      Hapus
  4. Sebenarnya SB itu sebuah peraturan yang "Nyrimpet" sekarang gue tanya jika Job nya Assassin, skill mana yg harus di blacklist?? (perlu gue akui Assassin punya skill yg rata2 damage nya besar), kesimpulannya jika Damage suatu skill itu besar itu sudah menjadi kelebihan dari job itu sendiri tetapi membuat aturan SB hingga membatasi suatu skill, gue malah melihat itu menjadi kelemahan krn ngk bisa dodge, semua skill pasti ada dodge nya

    BalasHapus