[GUIDE] Daftar beberapa bug yang dulu pernah populer di DN SEA


Sekedar menambah wawasan bagi kalian yang cuma pernah main DN Indo. Ini ada beberapa contoh bug yang amat dieksploitasi oleh para pemain DN SEA pada jaman itu. Dan tentu semuanya sudah di fix jadi kalian pemain DN Indo ga perlu mengalami hal aneh bin ajaib seperti ini. Don't bother to try as these bug is already fixed


Wall climbing DOTC

Semua yang main DN SEA sejak awal cap 32 dan sebelumnya ga mungkin ga pernah mengabuse bug yang satu ini. Bug ini membuat DoTC jadi dungeon favorit tempat leveling dari 32 sampai 40. Spam DoTC master terus berulang-ulang karena banyak monster yg bisa di skip DAN bisa pake jalan pintas. Bug yang sangat menyenangkan karena kadang kalian ga berhasil naik dan terlanjur dikeroyok para monster duluan.

Transfer Damage

Ini bug yang amat parah, bikin run Green Dragon Nest cuma dalam waktu 9 menit. Bug ini sebenarnya sudah ada sejak awal cap lv 40 di SEA. Saya punya video saya mempraktekan bug ini secara tidak sengaja

Prinsipnya adalah pertama memakai skill dengan banyak multiplier dan butuh waktu buat sampai ke musuh dari selesai cast dan sebelum skill tersebut sampai ke musuh, cepet-cepet keluarin skill ultimatemu. Hasilnya adalah skillmu yang pertama punya damage yang sama dengan ultimu dikali multiplier skillmu

Dalam contoh ini, si artillery cast tracking arrow. Aku males buka client game jadi ya anggep aja di keterangan skill tracking arrow itu 200% matk +500 per arrow dikali 16 karena total hit Tracking itu 16 kali hit. Damage dari ballista itu anggep aja 2500% matk + 12000 misalnya. Dengan bug ini damage dari tracking arrow menjadi 2500% matk + 12000 dikali 16 kali hit dari multipliernya tracking arrow. Damagenya ballista ter-transfer ke tracking arrowBug ini juga applicable ke ice spear + Blizzard dari elestra,  rain bomb (aku lupa namanya) + Destroy dari engineer, phoenix storm + voclano vortex dari ele.

Bug Suffix Weapon always active

Bug ini juga sangat parah dan sangat di-abuse dulu, Bug ini juga applicable ke suffix weapon yang lain macam destruction, fatal, wind dsb tapi yang paling populer adalah suffix light attack di weapon karena di game DN ini nge stack light attack itu amat gampang sekali. Tembus nilai 100% light attack bukan hal yang mengherankan buat yang ngestack light attack. Dan dengan bug ini non elemental user jadi sangat imba karena membuat serangan mereka 2 kali lipat lebih besar daripada normal secara konstan. Apalagi skill-skill non elemental memang dirancang supaya tanpa elemen damagenya akan besar, coba kamu lihat keterangan skillnya priest dan keterangan skillnya smasher. Pasti skill-skill dari smasher punya nilai xx%matk + YYY yang jauh lebih tinggi daripada priest. Koefisien damage yang besar ditambah elemen attack, perfecto

Sayang saya ga paham gimana caranya supaya mengaktifkan bug ini dan tidak pernah mengalaminya secara langsung

Artillery Magical Breeze attack power bug

Buat kalian yang punya char Lunar Knight atau Artillery pasti paham kalau matk kalian ga akan pernah jauh melampaui patk kalian. Entah kalian full suffix INT, ga pake heraldy destruction dan bear, pasti matk ga sampe selisih 1,5k

Nah di foto di atas kenapa Matk artillery bisa luar biasa tinggi 13k dalam kondisi full buff sementara patk-nya cuma 3k doang?

Itu karena bug di skill magical breeze yang selain menconvert serangan fisik menjadi magic. Magical breeze juga menconvert buff yang mestinya meningkatkan baik patk maupun matk menjadi cuma matk saja dan yang untuk patk masuk ke matk

Misal kamu artillery dan sudah memakai skill MB (magical breeze). Dalam kondisi MB aktif kamu dikasih Battle howl lv 4 oleh merc. Seharusnya yang terjadi baik patk maupun matk-mu bertambah 1500. Tapi yang terjadi patk ga mendapatkan penambahan, matk-mu saja yang dapet tambahan total 3000.

Bug ini cuma berlaku untuk skill buff atau item yang nambah patk dan matk bukan nambah stat agi atau int dsb. Jadi skill seperti bless of strike, dan item kayak attack power elixir bekerja dengan bug ini. Tapi yang menambah INT, AGI, STR semacam Cocktail, spiritual focus dan bahan-bahan masakan yang lain penambah stat dasar tidak bekerja untuk bug ini

Kesimpulan dan bla bla bla

Ini bug-bug yang juga pernah dialami tidak cuma di SEA tapi juga di DN Cina, korea dan DN lain yang umurnya lebih tua daripada DN INA. Tujuan saya membuat doc ini adalah memperlihatkan pada kalian betapa hebatnya bug yang sangat dieksploitasi pada saat itu. Bug monta-nya kalian itu ga ada apa-apanya dibandingkan bug transfer damage dan always ON suffix. Tapi banyak dari kalian yang menunjukan sikap anti yang berlebihan.

Baik pemanfaatan bug dalam bermain tentu membuat gameplay menjadi cheap. Gampang, murahan. Saya ga akan menyangkal hal itu. Tapi itu kesalahan ada pada pihak developer bukan player yg memanfaatkan. Ada tanki air bocor dan tumpah kemana-mana terus kita ambil airnya ya sah-sah saja. Iya kalau kamu dengan sengaja menyebabkan tangki tersebut bocor. Kamu lah yang salah dan pantas dihukum untuk perbuatanmu.

Cukup sangsi sosial berupa penghinaan cheap player atau semacamnya untuk orang yang ketergantungan dengan bug. Ban permanen seperti yang ditulis di rules gamescool itu konyol. Cuma buat nakut-nakuti padahal tanpa laporan langsung mereka ga akan bisa tahu siapa saja yang sudah melakukannya.Saya pribadi suka memanfaatkan bug, walau ga sampai separah guild pedo bear yang memanfaatkan bug dalam sebuah kompetisi resmi. Tapi ada unsur fun dalam melihat sesuatu bisa keluar dari jalur. Dan sesuatu tersebut tidak membuat satu orang pun benar-benar dirugikan. Mungkin orang yg anti bug user dan marah2 dengan si pemakai bug itu yang merasa dirugikan tapi nggak. Tidak ada kerugian nyata kepada player karena hal itu. Bagi developer sendiri pun ini dapat menjadi pemicu supaya mereka bisa mempersembahkan game yang terbaik untuk kita para player. Mereka jadi tahu akan bug itu dari laporan para player. Dan developer yang baik tentu akan segera membenahi sistem yang bocor tersebut

Anggep fun aja jika itu memang menyenangkan untukmu. Dan tidak manfaatkan kalau cara ini menurutmu bikin cheap. Ga usah terlalu menyalahkan bug abuser, salahkan diri kalian jika terlalu menyalahkan mereka

2 komentar:

  1. sampe sekarang artillery ditakuti bukan karena user play nya tapi krn semata damage nya yang dianggap tidak dapat ditoleransi saat PVP setara maupun lainnya. Dan lucunya lagi bagi beberapa orang yang memanfaatkan bug tersebut merasa paling jago. Bagi saya bug semacam ini memang disengaja ada walau tidak normal....

    BalasHapus
  2. gak takut kalau pake priest kalau selain itu takut gua karna 2 serangan mematikan

    BalasHapus